• about me

    yoggy pradita 21 november 1988 tebing tinggi, north sumatra, indonesia a bad boy playing soccer reading and writing get some potatos take a sleep watching tv (news only) drink some milk everyday fish lovers no animals!! playboy myright hand was broken a ex-goalkeeper internazzionalle milano fc. arsenal medan, padang, bandung, semarang swiss, germany and spain motorcycle and hardtop cars,, smoke and beer donuts and coffe organization institut management of telkom enough,,, thanks for reading my text,,
  • nice year!!

    January 2009
    S M T W T F S
        Mar »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Archives

  • yoggy’s playlist

  • Flickr Photos

    Magic moment

    Station..

    December

    SydneyOnACloudyDay :)

    Hartville

    Dhaka, Bangladesh

    Kingfisher (Alcedo atthis)

    100+ Followers!

    Otoño II

    Ponte Estaiada da Barra da Tijuca - Rio de Janeiro

    More Photos

Setiap Orang adalah Pemimpin

Seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab, tugas dan beban yang berat, seringkali terjebak pada rutinitas pekerjaan, yang membuat kita seperti robot, sangat mekanik dengan pekerjaan tanpa henti. Hal ini akan membuat kita terkadang merasa bahwa ada sesuatu yang hilang. Refleksi adalah sebuah proses pemikiran yang memberikan input praktis, minimal bahan pemikiran untuk memulai aktifitas setiap hari, belum tentu cocok dengan kondisi saat itu, tetapi boleh jadi sebagai renungan yang mempertanyakan apa tugas-tugas utama saya sebagai seorang pemimpin, sehingga membuat para leader lebih menyadari bahwa dibawah tangan mereka akan lebih banyak konsekuensi yang bisa terjadi. Misalnya: apa yang terjadi jika kita membuat keputusan yang salah, mengapa hal tersebut penting untuk dipertanyakan? Boleh jadi karena sebagian besar kita melihat karyawan sebagai sebuah angka semata, tidak melihat bahwa keputusan itu akan mempengaruhi karyawan, dimana karyawan itu mempunyai istri, atau suami, anak, yang akan merasakan dampak langsung dari keputusan itu.
Contoh kecil jika kita mengalami penurunan profit, maka banyak leader melakukan pengurangan, hal itu tidak salah ibarat menutup kran yang bocor, ditutup agar tidak terjadi pemborosan. Tetapi apakah dengan cara pengurangan tersebut menjadi jalan keluar yang terbaik, adakah cara yang lain, misalnya dengan memotivasi orang kita membantu mengembangkan volume penjualan di semua level bahkan sampai di tingkat office boy, yang hasilnya nanti akan melahirkan pemberdayaan di semua level.
Pada situasi tertentu kita juga sering merasa dan mengalami, seorang teman menunjukkan sikap resisten terhadap kita yang mendapat promosi menjadi seorang leader. Pertanyaannya adalah apa yang perlu kita lakukan dan bagaimana menyikapi hal tersebut, maka yang pertama adalah menyadari resisitensi mental itu selalu ada dan akan terus ada walaupun tidak terucap, hal itu merupakan gejala yang normal, leader yang baik menerima bahwa hal ini merupakan kenyataan hidup, tidak perlu emosi, dan reaktif.
Kedua adalah lakukan netralisir yaitu tunjukkan kesungguhan hati bahwa jika kita memimpin ini merupakan suatu amanah untuk membuat segala sesuatu menjadi baik seperti semangat melayani dengan tinggi, jangan segan untuk bertanya, berusaha untuk semakin mendekat, Ketiga adalah tetap memberikan kebaikan-kebaikan, secara konsisten, libatkan mereka dalam program untuk mencapai tujuan bersama. Rubah paradigma dari AKU menjadi MEREKA.
Selanjutnya keinginan untuk menjadi seorang pemimpin dan memimpin tentu saja melahirkan deretan dinamika pertanyaan yang akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari, dalam contoh yang sederhana bagaimana menghilangkan perasaan tidak enak ketika melakukan penilaian terhadap seorang teman, namun hal itu merupakan tuntutan perusahaan. Refleksinya adalah apapun juga jika menyangkut penilaian pasti tidak enak, baik itu dalam persoalan promosi, bonus, dan lain-lain, maka yang perlu kita lakukan yaitu sikap objektif, perlu bukti dan evident untuk melihat apakah orang ini mempunyai kelebihan dari orang lain, baik itu proses dan hasil kerja. Prinsip selanjutnya adalah keterbukaan, dan yang ketiga adalah equitas atau keadilan. Ketika hal tersebut kita lakukan maka akan mengurangi keraguan terhadap keputusan yang nanti dihasilkan.
Juga mungkin saja kita mengalami saat saat di mana kita diperlakukan semena-mena oleh perusahaan, walaupun kita sudah melakukan semua yang terbaik. Maka renungan yang terbaik adalah Jika anda tidak bisa mendapatkan apa yang anda inginkan, maka cintai apa yang anda miliki, hidup adalah pilihan, tanyakanlah dalam hati apakah anda masih nyaman untuk berkontribusi dalam perusahaan tersebut, jika masih nyaman maka terima dengan baik sebagai pilihan hidup. Terkadang menentukan apa yang bermakna dalam hidup sangat tergantung terhadap nilai-nilai apa yang kita miliki.
Keinginan untuk memulai sesuatu, dan berbeda dengan yang lain sebagai motivasi juga memunculkan pertanyaan bagaimana mengatasi persoalan tersebut. Prinsip awalnya adalah membuka wawasan, sangat penting untuk menyadari bahwa saya adalah pemimpin bagi diri saya sendiri dan ini adalah modal dasar utama untuk membuat diri kita berkembang, dan banyak orang yang tidak menyadari hal itu mereka sangat nyaman dengan apa yang sudah miliki, tetapi jika kita merasa harus “ada sesuatu”, maka disaat itu kita menyadari ada naluri untuk memilih keputusan yang terbaik untuk diri kita. Jika hati kita mulai berkobar jangan menunggu sang motivator ibarat lampu minyak , motivator hanya menyalakan. Jadi lets do it. Seringkali terlalu banyak gimana ini, gimana itu…membuat kita takut melangkah. Maka sebenarnya sukses atau tidak adalah pilihan kita, banyak orang gagal cendrung menyalahkan sesuatu atau orang lain dalam menggunakan keputusan sebagai sebuah pilihan.
Begitu banyaknya dinamika pertanyaan dari perbincangan yang terjadi seperti contoh sederhana di atas melahirkan momentum untuk melahirkan Leader reflection dalam rangka menyeimbangkan HEAD, dan HEART yang akan melahirkan HAND sebagai kebijakan yang tepat.

2 Responses

  1. PERTAMAX
    mas mas tukeran link dong mas, kayaknya idealis banget nih isinya. lumayan buat bacaan selagi nunggu hinaan orang mas.
    fufufu maaf agak aneh saya tu mas!

  2. silahkan aja klo mau ngasi tulisan atau mau koment panjang2 juga,,
    klo mau ngepost tulisan kirim aja ke email saya,, nanti saya sleksi sebelumnya,, tulisan2 ini juga di posting dari beberapa pendapat teman2,,

    trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: